Manfaat Daun Jati Belanda

Manfaat Daun Jati Belanda – Negara kita termasuk salah satu negara yang memiliki banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai tanaman herbal. Salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal adalah jati belanda. Tanaman ini memiliki khasiat yang terkandung di dalam bagian-bagiannya seperti kulit kayu, buah biji dan terutama pada daunnya. Untuk lebih mengenal manfaat daun jati belanda, mari ketahui kandungan dan efeknya untuk tubuh berikut ini.

 

Image courtesy of stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Image courtesy of stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Jati belanda atau yang memiliki nama latin Guazuma ulmifolia merupakan tanaman liar yang tumbuh subur di daerah Jawa dan sekitarnya. Tidak pasti dari mana tanaman ini bisa dibawa ke Indonesia namun tanaman ini dipercaya berasal dari daerah Amerika latin. Jati belanda bisa berkembang dengan baik di ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan laut.

Jati belanda dikenal juga dengan sebutan jati londo oleh masyarakat jawa. Tanaman ini sejak zaman dahulu sudah dipergunakan untuk membantu melangsingkan badan bagi kaum wanita. Bahkan terdapat istilah galian singset yang merujuk pada khasiat tanaman ini sebagai pelangsing tubuh.

Dalam jati belanda, terdapat kandungan zat seperti flavonoid, asam fenolat, karotenoid, kafein, karbohidrat, resin, terpen, dan sterol. Namun kandungan utama yang terdapat didalamnya adalah musilago dan tannin. Zat ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh diantaranya sebagai pelangsing dan untuk membantu melancarkan pencernaan.

Kandungan tannin yang terdapat dalam daun jati belanda merupakan zat yang berguna untuk melangsingkan tubuh, terutama pada wanita. Cara kerja zat ini adalah dengan mengurangi penyerapan makanan oleh tubuh dengan mengendapkan protein dalam usus. Selain itu, musilago yang terkandung didalam daun jati belanda juga berfungsi sebagai peminimalisir absorbsi usus terhadap makanan yang masuk kedalam tubuh.

Daun jati belanda juga sangat berguna sebagai pengurai lemak dalam tubuh. Tidak heran jika sejak zaman dahulu tanaman ini dikenal akan khasiatnya untuk membantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Karena manfaatnya yang bisa mengurai lemak secara cepat, maka ekstrak daun jati belanda pun bisa dijadikan pilihan minuman olahan yang disertakan dalam program diet.

Manfaat daun jati belanda yang tidak kalah penting adalah sebagai obat untuk mengatasi penyakit kolesterol. Daun jati belanda memiliki khasiat yang bisa meningkatkan kadar HDL dalam darah. Kandungan HDL yang tinggi akan membatu mencegah resiko penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi, dan yang lebih penting kadar HDL tinggi juga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak manfaat daun jati belanda yang berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat lain dari daun jati belanda adalah sebagai berikut.

  • Bermanfaat untuk menurunkan kadar lipid darah (LDL, TPC, dan trigliserida).
  • Sebagai obat anti hiperlipidemia.
  • Sebagai obat untuk mengatasi keputihan pada wanita.
  • Untuk membantu mengencangkan otot rahim pasca melahirkan.
  • Sebagai obat untuk mengobati diare dan perut kembung.

Itulah beberapa manfaat daun jati belanda yang berguna bagi tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaatnya, daun jati belanda bisa diolah menjadi ekstrak berbentuk serbuk atau bisa juga dicampurkan pada minuman seperti daun teh bisaa.

Related Posts