Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak – Bagi masyarakat di Indonesia, temulawak tampaknya tidak asing untuk dijumpai. Tanaman yang banyak dijadikan bahan dasar pembuatan jamu ini merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam temulawak membuat tanaman ini biasa dipakai untuk mengatasi berbagai masalah penyakit.

Image courtesy of  samarttiw / FreeDigitalPhotos.net

Image courtesy of samarttiw / FreeDigitalPhotos.net

Temulawak merupakan tanaman umbi akar yang masih satu keluarga dengan jahe-jahean. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorhiza ini adalah satu dari sekian banyak tanaman herbal yang hidup subur di Indonesia. Temulawak bisa dijumpai dengan mudah di berbagai daerah di pulau Jawa, Kalimantan dan kepulauan Maluku. Teksturnya hampir mirip dengan jahe, namun temulawak memiliki warna yang agak lebih gelap jika dibandingkan dengan jahe dan kunyit.

Dalam temulawak, terdapat kandungan zat yang bisa mengatasi berbagai masalah di dalam tubuh. Sebut saja diantaranya Kurkumin, yang berfungsi sebagai penetral racun didalam tubuh. Didalamnya terdapat juga kandungan felandrean, turmenol, glukosida, dan minyak astiri yang mampu menekan pembengkakan jaringan serta membantu meningkatkan produksi getah empedu.

Selain manfaat temulawak diatas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi temulawak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sakit kuning

Sejak zaman dahulu manfaat temulawak sudah dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu khasiat temulawak yang dikenal orang adalah sebagai obat sakit kuning. Sakit kuning yang diakibatkan oleh kerusakan fungsi liver bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi temulawak secara teratur.

  • Penyakit ginjal

Selain mengatasi kerusakan hati yang menyebabkan racun menyebar ke seluruh tubuh, penyakit ginjal pun bisa diobati dengan menggunakan temulawak. Meminum sari temulawak yang telah direbus akan membantu mengatasi masalah pada organ ginjal anda dan organ sekitar saluran empedu.

  • Masuk angin

Rasa hangat yang dihasilkan ketika mengkonsumsi temulawak dipercaya mampu menyembuhkan badan dan mengobati masuk angin. Meminum temulawak sebagai obat masuk angin sudah dilakukan sejak lama, bahkan kini produk olahan temulawak sudah banyak beredar di pasaran untuk mengobati masuk angin.

  • Sakit maag

Jika anda menderita penyakit maag dan telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi maag yang diderita, mungkin ada baiknya mencoba menfaat temulawak untuk obat sakit maag. Khasiat temulawak diyakini mampu mengurangi rasa sakit akibat maag dan membantu mengurangi gejala maag yang bisa saja menyerang setiap saat.

  • Obat kanker

Meskipun belum ada jurnal resmi yang mengatakan hal ini, namun beberapa peneliti percaya jika kandungan senyawa Curcumin yang terdapat didalam temulawak mampu menurunkan kadar kanker prostat dalam tubuh dan menghambat laju pertumbuhan sel kanker secara signifikan.

Disamping itu masih ada banyak manfaat temulawak yang bisa diperoleh ketika rutin mengkonsumsi temulawak seperti untuk menambah produksi air susu ibu, memperlancar haid, meredakan sakit pinggang, menghilangkan sakit kepala, mengatasi batuk dan menambah nafsu makan. Itu semua bisa didapatkan melalui manfaat temulawak, yang merupakan tanaman khas asli Indonesia.

Related Posts