Memilih Botol Minum Anak

Memilih Botol Minum Anak – Seorang anak yang baru bisa menyusui terkadang tidak bisa lepas dari pangkuan ibu mereka. Hal ini tentu bisa sangat merepotkan terutama bagi ibu yang memiliki pekerjaan. Solusi yang paling baik tentu dengan menyiapkan susu bagi anak dengan memakai wadah atau botol untuk tempat minum si anak. Namun ternyata tidak semua botol yang ada di pasaran baik untuk digunakan dalam waktu yang lama karena malah bisa menjadi sarang penyakit. Bagaimana memilih botol minum anak yang aman bagi kesehatan si buah hati?

Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net

Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net

Banyaknya peralatan makan dan minum bagi anak memang membuat orang tua lebih mudah menyajikan kebutuhan konsumsi anak. Salah satu peralatan yang dimiliki oleh sebagian besar anak di masa pertumbuhannya adalah botol minum. Biasanya botol minum dipakai untuk memberikan susu pada anak, entah itu susu formula ataupun ASI yang sudah diperas terlebih dahulu. Pemberian susu melalui botol ini bisa memberikan waktu beristirahat sejenak bagi ibu dari aktivitas menyusui sang buah hati.

Namun perlu diketahui jika tidak semua bahan material pembuatan botol minum anak direkomendasikan untuk dipakai. Pada dasarnya ada dua jenis botol minum yang biasa digunakan untuk anak yaitu yang terbuat dari plastik dan kaca. Material plastik lebih dianjurkan dipakai oleh anak untuk menghindari botol kaca pecah yang bisa membahayakan anak itu sendiri.

Untuk memilih botol minum anak yang sesuai, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam memilih produk. Faktor-faktor ini bisa menjadi acuan para orang tua untuk memilih produk yang paling cocok dan aman bagi buah hati mereka.

Keamanan

Seperti disinggung diatas, jenis material yang biasa digunakan untuk bahan botol adalah plastik dan kaca. Kedua material ini masing-masing memiliki nilai plus dan minus. Dengan menggunakan botol kaca, maka anda tidak perlu khawatir akan zat kimia berbahaya karena tidak ada yang menempel pada kaca. Selain itu kaca tahan akan panas dan juga mudah dibersihkan. Namun resiko pecah dan retak bisa terjadi jika menggunakan bahan ini. Sedangkan dengan menggunakan plastik anda harus memilih material plastik berkualitas agar produk yang digunakan aman bagi anak anda. Karena tidak semua jenis plastik aman untuk digunakan, terlebih jika sering terkena proses pemanasan yang berasal dari susu.

Kenyamanan

Faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih botol anak adalah kenyamanan anak itu sendiri ketika minum. Hindari jenis produk yang bisa membuat anak tersedak. Jika anak anda baru pertama kali menggunakan botol, pilih produk yang bisa mengatur frekuensi minuman yang diminum oleh anak. Saat ini banyak produk yang menggunakan regulator pada bagian dalam botolnya. Produk seperti ini bisa mengurangi resiko anak tersedak ketika minum, karena minuman yang dihisap akan lebih teratur.

Untuk membantu orang tua memilih botol minum anak yang cocok digunakan oleh anak, berikut terdapat kode produk yang menandakan material yang digunakan dalam tiap produk.

  • Polyethylene Terephthalate (kode PETE)

Biasa digunakan untuk kemasan seperti botol jus, botol air mineral dan kemasan dengan permukaan yang transparan. Jenis ini hanya dianjurkan digunakan untuk sekali pemakaian.

  • High Density Polyethylene (kode HDPE)

Biasa dipakai untuk membuat botol susu. Bersifat kuat dan relatif tahan terhadap suhu panas. Meskipun kuat dan cukup baik, jenis ini juga hanya direkomendasikan untuk sekali pemakaian.

  • Polyvinyl Chloride (kodePVC)

Sulit didaur ulang dan beresiko bocor jika terkena panas. Tidak baik untuk digunakan sebagai tempat makanan.

  • Low density polyethylene (kode LDPE)

Bersifat fleksibel namun tidak mudah dihancurkan. Sedikit beremak dan bisa didaur ulang. Cukup baik untuk dijadikan tempat makanan.

  • Polypropylene (kode PP)

Bahan yang paling direkomendasikan sebagai peralatan makan dan minum bagi anak. Bersifat ringan, kuat, dan stabil terhadap suhu panas. Juga cukup baik dalam mengatasi lemak.

  • Polystyrene (kode PS)

Bahan yang digunakan untuk Styrofoam. Tidak dianjurkan untuk digunakan karena kandungannya yang berbahaya untuk kesehatan.

Related Posts