Penyakit Kolesterol

Penyakit Kolesterol – Banyak yang menyebut jika penyakit kolesterol merupakan pembunuh diam-diam yang hinggap dalam tubuh seseorang. Pendapat ini bisa dibenarkan jika melihat gejala dan perkembangan kolesterol yang tidak kasat mata didalam tubuh. Penyakitnya pun seringkali terdeteksi ketika tubuh mulai mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Image courtesy of rakratchada torsap / FreeDigitalPhotos.net

Image courtesy of rakratchada torsap / FreeDigitalPhotos.net

Untuk mengetahui penyakit kolesterol lebih jauh, kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian kolesterol dan manfaat serta akibat dari kolesterol tinggi. Dan hal-hal apa yang bisa memicu munculnya penyakit kolesterol dalam tubuh.

Pengertian kolesterol

Kolesterol merupakan zat lilin yang dibuat didalam tubuh oleh organ hati. Namun kolesterol juga ditemukan di berbagai makanan yang biasa dikonsumsi oleh tubuh. Kolesterol memiliki peran penting sebagai pembentuk vitamin D dalam tubuh, selain juga membentuk beberapa hormon dan membantu kinerja empedu dalam fungsi pencernaan manusia.

Jenis-jenis kolesterol

Kolesterol dibawa kedalam tubuh melalui darah yang melekat pada protein atau sering disebut sebagai lipoprotein.Dari sini dikenal dua jenis kolesterol yaitu HDL atau high density lipoprotein dan LDL atau singkatan dari low density lipoprotein. Perbedaan kedua jenis kolesterol ini adalah akibat yang bisa ditimbulkannya dalam tubuh.

Jika HDL dianggap sebagai kolesterol baik, maka LDL dianggap sebaliknya. Tingkat LDL yang tinggi didalam tubuh bisa memicu terjadinya berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh seseorang. ini disebabkan karena LDL tinggi akan menyebabkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah yang bisa mempersempit aliran darah menuju jantung. Berbeda dengan HDL yang membawa kolesterol masuk ke dalam hati untuk kemudian diolah menjadi zat yang brguna bagi tubuh.

Penyebab penyakit kolesterol

Kolesterol memang diproduksi secara alamiah oleh tubuh. Namun pasokan kolesterol yang tidak kalah tinggi juga berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi diantaranya adalah kuning telur, makanan cepat saji, mentega, hati dan daging olahan.

Penyakit kolesterol tidak terbentuk secara tiba-tiba pada tubuh seseorang. Dibutuhkan waktu yang cukup lama ketika terjadi penyempitan pembuluh darah akibat kadar LDL yang tinggi pada tubuh. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa baik-baik saja meskipun mengkonsumsi berbagai makanan yang beresiko menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mereka.

Bahaya yang paling ditakuti dari terkena penyakit kolesterol adalah gejala serangan jantung. Serangan jantung sendiri terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen yang dibawa oleh darah ke jantung. Ini disebabkan karena penyempitan pembuluh darah arteri yang terjadi sekian lama dan semakin parah hingga darah tidak dapat dialirkan lagi secara normal ke jantung.

Serangan jantung secara tiba-tiba tidak jarang menimbulkan kematian yang mendadak bagi seseorang. Maka dari itu menjaga dan mencegah tubuh agar terhindar dari penyakit kolesterol merupakan cara terbaik untuk tetap terhindar dari serangan jantung dan gangguan penyakit lainnya.

 

Related Posts