Terapi Akupuntur

Terapi Akupuntur – Teknik akupuntur dalam dunia kesehatan sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Teknik pengobatan asal Cina ini memang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Semakin banyaknya orang yang percaya akan manfaat dari akupuntur ini membuat banyak berdirinya tempat terapi akupuntur yang bisa dengan mudah ditemui dewasa ini.

Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net

Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net

Akupuntur merupakan cabang utama dalam dunia kedokteran tradisional yang berasal dari Cina. Terapi akupuntur dalam prakteknya menggunakan media jarum yang ditusukkan pada titik-titik tertentu di bagian tubuh sesuai dengan keluhan dan penyakit yang diderita oleh pasien. Banyaknya jarum yang digunakan dalam terapi akupuntur tergantung pada jumlah titik dalam tubuh yang mempengaruhi keluhan yang diderita.

Bagaimana akupuntur bisa menyembuhkan penyakit? Dalam penjelasan sederhana, akupuntur bekerja dengan mempengaruhi kinerja meridian atau saluran yang berada didalam tubuh yang berfungsi mengalirkan energi. Ketika seseorang menderita keluhan kesehatan, saluran inilah yang akan dirangsang dengan bantuan jarum agar penyumbatan aliran energi dalam tubuh bisa kembali normal.

Dalam bahasa medis modern, terapi akupuntur bekerja dengan cara merangsang sistem syaraf didalam tubuh untuk melepaskan zat-zat kimia yang ada di bagian otot, otak serta tulang belakang. Pelepasan zat ini akan memicu pelepasan hormon dan juga zat lainnya yang mempengaruhi sistem didalam tubuh. Sentuhan jarum pada titik tertentu dalam tubuh pun bisa mengalihkan sensasi sakit yang sering dialami pasien ketika melakukan pengobatan yang memerlukan anastesi.

Teknik akupuntur yang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu di Cina semakin mendapatkan tempat dalam dunia pengobatan modern karena bukti khasiatnya bagi kesehatan. Bahkan terapi akupuntur pun sering dijadikan rujukan atau padanan ketika menjalani pengobatan dengan teknis medis yang lebih modern. Saat ini akupuntur pun sudah dikenal sebagai salah satu teknik pengobatan selain pengobatan medis dengan praktisinya yang tersebar di lebih dari 50 negara di dunia.

Manfaat terapi akupuntur tidak terbatas hanya untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Teknik ini juga cukup populer digunakan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peningkatan kesehatan seseorang. untuk masalah tubuh yang berkaitan dengan penyakit, manfaat terapi akupuntur bisa digunakan dalam mengatasi berbagai penyakit seperti dibawah ini.

  • Hipertensi

Gangguan hipertensi yang terjadi dalam tubuh bisa diobati dengan terapi akupuntur, tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia. Manfaat akupuntur untuk mengobati hipertensi pun sudah banyak diakui bahkan oleh dunia medis modern.

  • Kemandulan

Masalah kemandulan atau infertilitas pun dapat diatasi dengan menggunakan terapi akupuntur. Rangsangan jarum pada titik-titik tertentu dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma seseorang menjadi lebih baik lagi.

  • Masalah pencernaan

Terap akupuntur juga berguna untuk membantu mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Dengan bantuan terapis berpengalaman, masalah di sekitar pencernaan bisa diatasi tanpa melalui pengobatan konvensional.

Selain beberapa manfaat diatas, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari terapi akupuntur. Yang harus diperhatikan adalah memilih terapis yang sudah berpengalaman dibidangnya, karena teknik akupuntur akan semakin akurat dan berkhasiat jika dilakukan dengan tepat pada titik-titik yang bermasalah.

Related Posts